Rabu, 17 Juli 2013

Bagian Utama pada Penangkal Petir

Penangkal petir adalah sebuah alat yang digunakan untuk melindungi sebuah tempat (rumah atau gedung) dari petir dengan cara menyalurkan petir yang datang ke permukaan bumi.  Alat yang satu ini banyak digunakan untuk keperluan perlindungan bagi gedung-gedung yang bertingkat tinggi. Di beberapa Negara yang memiliki banyak gedung pencakar langit tentu saja alat ini sangatlah penting fungsinya. Penangkal petir itu sendiri memiliki 3 bagian utama yang penting. Pertama adalah batang penangkal petir. Batang ini memiliki bentuk lonjong dan panjang, menyerupai tongkat. Bagian ujung atas dari batang ini berbentuk lancip sehingga secara kesuluruhan bentuknya hampir menyerupai bamboo runcing. Ukurannya pun juga bervariasi. Biasanya penangkal petir yang dipasang untuk melindungi bangunan rumah dari petir memiliki ukuran yang relative kecil, sementara untuk bangunan gedung pencakar langit, batangnya memiliki ukuran yang cukup besar.

Kabel Konduktor Penangkal Petir
Kedua, penangkal petir juga memiliki bagian lain yang disebut sebagai Kabel Konduktor. Sesuai dengan namanya, kabel ini berfungsi sebagai alat penyerap petir supaya tidak sampai menghancurkan batang dari penangkal petir ini. Sifat konduktor yang dimilikinya mampu untuk menetralisis datangnya petir dengan baik tanpa harus menjadikan petir tersebut menyerang langsung bangunan yang menjadi targetnya. Bahan konduktor wajib dimiliki oleh penangkal pentir karena bagian inilah yang berfungsi sebagai penyerap petir. Sangatlah penting untuk melakukan maintenance terhadap kabel konduktor setiap hari untuk mengecek apakah dia masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Tempat Pembumian Penangkal Petir
Ketiga, penangkal petir memiliki bagian lain yang disebut sebagai tempat pembumian. Nah, fungsi dari bagian ini adalah memaksimalkan kerja dari kabel konduktor. Usai petir diserap oleh kabel konduktor, petir tersebut akan diarahkan langsung ke permukaan bumi tanpa menimbulkan bahaya yang besar bagi manusia yang beraktivitas disana. Tentu saja hal ini bisa terjadi berkat adanya penetralizir petir yang ada dalah penangkal petir ini. Itulah 3 bagian penting yang terdapat dalam alat penangkal petir. Jika anda bekerja di gedung yang tinggi, cobalah untuk keatas gedung dan anda akan melihat ada penangkal gedung yang berbentuk lonjong di bagian tersebut

0 komentar:

Posting Komentar